Semarak Webinar Series HARDIKNAS 2025: Harmoni Kolaborasi untuk Pendidikan Inovatif
Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Bulan Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2025, Balai Guru & Tenaga Kependidikan (BGTK) Sumatera Selatan berkolaborasi dengan Yayasan Peduli Pembelajar Merdeka (YPPM) menyelenggarakan rangkaian webinar bertajuk “Webinar Series: Harmoni Kolaborasi untuk Pendidikan Inovatif.” Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk menghadirkan ruang berbagi praktik baik, ide-ide inovatif, dan inspirasi nyata bagi para pendidik di seluruh Indonesia, khususnya dalam lingkup pendidikan anak usia dini (PAUD).
Selama tiga hari penuh, tepatnya pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2025, webinar ini mengusung tema-tema menarik dan relevan, seperti pendekatan Ramah dan penataan lingkungan main di PAUD, implementasi berpikir komputasional, koding pada pembelajaran PAUD, pendekatan holistik integratif, serta implementasi PAUD HIBER. Mari kita simak lebih dekat rincian acaranya.
Selasa, 6 Mei 2025
Tema: Pendekatan Ramah dan Penataan Lingkungan Main di PAUD
Hari pertama webinar menghadirkan narasumber-narasumber luar biasa yang sudah berpengalaman dalam bidang pendidikan PAUD
Dra. Ohorella Erma, M.Ikom – Kepala BGTK Provinsi Sumatera Selatan, yang membuka acara dengan sambutan hangat.
Dra. Iriani – PAUD An Nisa Bandung, membahas Penataan Lingkungan Main di PAUD.
Mimin Mintarsih, S.Pd., M.Pd. – dari Rumah Bunda Islamic Preschool, membahas Pendekatan RAMAH.
Acara dipandu oleh moderator Amsi, M.Pd. dan dipandu pewara Eka Susanti, S.Pd, yang memastikan suasana tetap interaktif dan hangat.
Materi Webinar Series 1
Tema: Implementasi Berpikir Komputasional dan Koding pada Pembelajaran PAUD
Hari kedua webinar menghadirkan narasumber-narasumber luar biasa yang sudah berpengalaman dalam bidang pendidikan PAUD berbasis teknologi:
Dra. Ohorella Erma, M.Ikom – Kepala BGTK Provinsi Sumatera Selatan, yang membuka acara dengan sambutan hangat.
Rita Nurunnisa, M.Pd – Dosen PG PAUD IKIP Siliwangi, membahas pentingnya mengenalkan berpikir komputasional sejak usia dini.
Ressy Riezki Chairani, M.Pd – dari TK Paramount School Palembang, berbagi praktik baik penerapan koding di kelas PAUD.
Bagus Sumantri – dari TK Inklusi Darul Ilmi 2 Surabaya, berbagi pengalaman nyata mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran inklusif.
Acara dipandu oleh moderator Ahmad Syahri, ST., M.Si dan dipandu pewara Eka Susanti, S.Pd, yang memastikan suasana tetap interaktif dan hangat.
Melalui sesi ini, peserta tidak hanya memperoleh pemahaman konseptual, tetapi juga contoh praktis tentang bagaimana koding dapat menjadi media bermain sekaligus belajar yang menyenangkan bagi anak usia dini.
Materi Webinar Series 2
CODING by Bagus Sumantri
Tema: PAUD Holistik Integratif dan Implementasi PAUD HIBER
Hari ketiga webinar menghadirkan pembahasan seputar pendekatan holistik integratif yang menekankan pentingnya kolaborasi antar berbagai pihak dalam mendukung tumbuh kembang anak secara utuh.
Para narasumber yang hadir antara lain:
Dra. Ohorella Erma, M.Ikom – tetap hadir sebagai pembuka acara.
Novita Deviyanti, S.Pd.I, M.Pd – dari TK Islam Darul Qalam, Kota Bekasi, memaparkan penerapan konsep holistik integratif dalam kegiatan sehari-hari di sekolah.
Ai Nurlaela, M.Pd – dari TK Islam Al Muhajir, Kota Bandung, membagikan pengalaman terkait implementasi PAUD HIBER (Holistik Integratif berdimensi sosial budaya dan ekonomi).
Moderator hari itu adalah Liska Piani, SE., M.Si, didampingi pewara Eka Susanti, S.Pd.
Sesi ini menekankan bahwa pendidikan anak bukan hanya tanggung jawab guru, tetapi juga melibatkan keluarga dan komunitas secara aktif.
Materi Webinar Series 3
Tatap Muka Virtual Webinar Series 1
Tatap Muka Virtual Webinar Series 2
Tatap Muka Virtual Webinar Series 3
Semarak HARDIKNAS: Bergerak Bersama untuk Pendidikan Bermutu
Webinar Series ini menjadi wadah bagi para pendidik, praktisi pendidikan, orang tua, dan pemerhati pendidikan untuk saling menguatkan, belajar bersama, dan berbagi inovasi. Tema besar “Harmoni Kolaborasi untuk Pendidikan Inovatif” sangat relevan dengan tantangan zaman, di mana pendidikan anak usia dini tidak cukup hanya mengandalkan kurikulum formal, tetapi juga membutuhkan pendekatan yang kreatif, ramah, dan inklusif.
Dengan tema pendekatan Ramah dan penataan lingkungan main di PAUD, para peserta belajar tentang arti RAMAH dan penataan lingkungan bermain yang lebih baik dan menyenangkan di PAUD.
Melalui tema berpikir komputasional dan koding, para peserta belajar bahwa literasi digital bukanlah sesuatu yang harus ditunda hingga anak lebih besar, tetapi dapat diperkenalkan dengan cara yang menyenangkan dan sesuai tahap perkembangan mereka. Anak-anak bisa bermain sambil belajar mengenal pola, menyelesaikan masalah sederhana, dan berpikir sistematis.
Sementara itu, tema PAUD holistik integratif mengingatkan kembali bahwa keberhasilan pendidikan anak sangat dipengaruhi oleh ekosistem yang mendukung: sekolah, rumah, dan masyarakat. Dengan pendekatan HIBER, hubungan antara pendidik dan orang tua diperkuat, sehingga anak mendapatkan stimulasi yang optimal baik di sekolah maupun di rumah.
Yayasan Peduli Pembelajar Merdeka (YPPM) berkomitmen mendukung setiap inisiatif yang mendorong inovasi pendidikan dan pemberdayaan guru. Dengan semangat kolaborasi, mari kita jadikan HARDIKNAS 2025 sebagai momentum untuk menciptakan ekosistem belajar yang lebih ramah, kreatif, dan inklusif.
Salam pendidikan
Cek data Peserta (Presensi) dan Sertifikat bisa diunduh dibawah ini :
Data Peserta,
Webinar Series 1
Data Peserta,
Webinar Series 2
Data Peserta,
Webinar Series 3



No comments:
Post a Comment